Rabu, Maret 20, 2013

IP CAMERA SEDERHANA DENGAN ANDROID

Hai Sobat, Langsung ke point nya aja ya, untuk membuat sebuah IP camera dari Android, berikut adalah peralatan yang perlu kamu siapkan :

- Satu buah ponsel Android.
- Satu buah notebook yang terintegrasi dengan WiFi atau satu buah PC yang sudah dilengkapi dengan perangkat WiFi

Setelah semua peralatan siap, selanjutnya proses installasi IP Camera di ponsel android :

· Buka Playstore android, cari aplikasi dengan kata kunci “IPCam” dan di situ akan ada beberapa pilihan software IPCam yang bisa kamu pilih.


· Pilih salah satu aplikasi untuk di download dan kemudian kamu install pada ponsel Android kamu, nah, setelah aplikasi terinstall, lakukan langkah seperti berikut.

· Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing pada ponsel Android.


· Jalankan aplikasi IPCam yang barusan diinstall. Pada bagian bawah paling kiri, anda akan melihat tombol dengan huruf (i). Itu adalah petunjuk penggunaan dari IPCam.

· Selanjutnya terdapat gambar kunci. Pilihan itu untuk memberikan autentikasi jika ada yang ingin mengakses IPCamera. Untuk percobaan kali ini, agar lebih mudah, kosongkan saja pilihan ini.

· Kemudian tekan gambar IP pada bagian bawah dan masukkan port yang akan anda gunakan. Gunakan port standart 8000 dan lanjutkan dengan memilih Save.



Setelah mengisikan port, Di situ anda akan melihat IP address dari camera beserta port dari camera tersebut.

Untuk selanjutnya, konfigurasi NoteBook agar bisa terkoneksi dengan Android.

· Sambungkan WiFi Notebook dengan ponsel Android yang sudah diaktifkan Tethering WiFi Sharing pada langkah sebelumnya.

· Setelah terkoneksi, buka web browser dan masukkan alamat IP address sesuai dengan yang tertera pada gambar sebelumnya. Pada contoh, IP address yang digunakan adalah 192.168.43.1 dengan port 8000 maka pada adress browser, tuliskan http://192.168.43.1:8000/

· Jika semua proses sudah terkonfigurasi dengan baik, anda akan melihat tulisan seperti gambar di bawah ini



· Selanjutnya pilih salah satu metode yang akan digunakan untuk menampilkan video streaming dari kamera ponsel yang dapat kita lihat menggunakan web browser, atau menggunakan media player yang lain. Pada contoh, admin menggunakan web browser Firefox.



Yang perlu diingat, tidak semua web browser support dengan aplikasi ini. Untuk itu gunakan web browser yang paling baru atau menggunakan media selain web browser.

· Begitulah cara singkat pembuatan sebuah IP Camp dari Ponsel android memanfaatkan Software dari Playstore.

Untuk membantu mencerdaskan anak bangsa, berikut inilah logika dari pembuatan IPCam sederhana memanfaatkan Android dan Notebook.




Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar